Selamat Datang di Blog ERIKJON HALOMOAN SITANGGANG

Wednesday, March 14, 2012

Bagian-bagian Dari Bunga

Bunga mempunyai dua bagian utama, yaitu perhiasan bunga dan alat kelamin bunga. Perhiasan bunga terdiri atas kelopak dan mahkota. Alat kelamin bunga terdiri atas putik dan benang sari.
Kelopak yaitu alat perhiaan bunga yang berfungsi sebagai pelindung bunga pada saat masih kuncup dan sebagai penyangga bunga pada saat bunga sudah mekar. Kelopak bunga pada umumnya berwarna hijau.
Mahkota yaitu helaian berwarna yang berfungsi untuk menarik perhatian serangga atau hewan lain. Letaknya melingkar disebelah dalam kelopak dan mengelilingi alat kelamin bunga.
Selain dilengkapi kelopak dan mahkota, bunga ada yang dilengkapi dengan aroma dan kelenjar madu untuk mengundang kedatangan hewan tertentu.
Putik yaitu alat kelamin betina yang terdiri atas kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah. Kepala putik merupakan tempat berlangsungnya penyerbukan. Didalam bakal buah terdapat bakal biji yang merupakan tempat terjadinya pembuahan. Antara kepala putik dan bakal buah duhubungkan oleh tangkai putik.
Benang sari yaitu alat kelamin jantan yang terdiri atas tangkai sari dan kepala sari. Didalam kepala sari terdapat kantung serbuk sari yang menghasilkan serbuk sari, Berdasarkan kelengkapan bagiannya, bunga dibedakan menjadi bunga lengkap dan bunga tak lengkap. Bunga lengkap yaitu bunga yang mempunyai seluruh bagian bunga yang terdiri atas perhiasan (kelopak dan mahkota) serta alat kelamin (putik dan benang sari). Contohnya bunga sepatu, bunga bougenvile. Bunga tak lengkap yaitu bunga yang tak mempunyai saalah satu bagian atau beberapa bagian bunga. Contohnya bunga jagung, bunga kelapa dan bunga salak.
Berdasarkan alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi bunga sempurna (bunga banci) dan bunga tak sempurna. Bunga sempurna yaitu bunga yang mempunyai putik dan benang sari diebut juga berkelamin dua (diesis). Bunga tak sempurna yaitu bunga yang hnay mempunyai salah satu alat kelamin, disebut juga berkelamin tunggal (monoesis). Bunga yang alat kelaminnya berupa benang sari disebut bunga jantan (masculus).


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Bagian-bagian Dari Bunga - Jhon.Com Bagian-bagian Dari Bunga - Jhon.Com