Selamat Datang di Blog ERIKJON HALOMOAN SITANGGANG

Tuesday, July 24, 2012

5 Ladang Ganja Terluas Di Indonesia


Ini 5 Ladang Ganja Terluas di Indonesia

Rachmadin Ismail - detikNews

1. Ladang Ganja 7 Hektare di Mandailing Natal, Sumatera Utara Badan Narkotika Nasional (BNN) pada bulan Oktober 2011, memusnahkan 7 hektare ladang ganja di 7 titik di Gunung Huta Tua, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara. Ladang ganja di Madina tersebut termasuk terbesar setelah Aceh.

Titik-titik penananam ganja dilakukan di bukit-bukit pegunungan yang memiliki kontur curam hampir 90 derajat dan sulit dijamah masyarakat. Setiap pohon ganja ditanam diselingi beberapa tanaman hutan untuk menghilangkan kecurigaan agar tidak terlalu mencolok.

Dari lokasi pengungkapan terdapat beberapa pohon ganja setinggi 180 centimeter dan 50 centimeter. Ganja tersebut didistribusikan untuk kawasan Sumatera dan Jakarta. Rupanya ladang ganja di lokasi ini sudah mulai ada sejak tahun 1980-an.


2. Ladang Ganja 25 Hektare di Aceh Besar Direktorat Narkotika Polda Aceh dan Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali menemukan ladang ganja di tiga titik di Aceh Besar. Ladang ganja yang ditemukan kali ini memiliki luas 25 hektare.

Tiga wilayah itu adalah wilayah Lamteuba seluas 13 hektare, Lampeuna 9 hektare, dan 3 hektare di kawasan Desa Meureu, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar.

Para pemilik ladang ganja saat ini mulai mengubah pola penanaman ladang. Bila sebelumnya para penanam melakukan aktivitasnya di sekitar pegunungan, kini peladang ganja mengkonsentrasikan penanaman di dekat perkampungan warga.



3. Ladang Ganja 30 Hektare di Bireuen Aceh Pada akhir tahun 2008, polisi menemukan ladang ganja di daerah Bireuen, Nangroe Aceh Darussalam. Luas lahannya mencapai 30 hektare.

Saat dihitung, ada 3.230 pohon ganja dan 3.350 kg daun ganja yang disita. Saat operasi, tak ada satu pun tersangka yang berhasll ditangkap. Ganja ini sudah dimusnahkan oleh tim dari Mabes Polri.








4. Ladang Ganja 36 Hektare di Aceh Besar, Bireuen dan Gayo
 
Pada bulan September 2008, BNN juga berhasil mengungkap 36 hektar ladang ganja di 3 kabupaten di NAD. Barang bukti yang disita seberat 92,1 ton ganja.

Ladang ganja yang dimusnahkan terletak di 7 lokasi di Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Bireuen, dan Kabupaten Gayo Luwes. 

Rinciannya, 5 hektare lahan ganja di Kabupaten Aceh Besar dimusnahkan dengan barang bukti 1,8 ton ganja. Di Kabupaten Bireuen, lahan yang dimusnahkan seluas 20,5 hektare dan barang bukti seberat 56,8 ton ganja. Sedangkan di Kabupaten Gayo Luwes, ladang ganja seluas 10,5 hektar dibakar dengan barang bukti 33,5 ton.




 
5. Ladang Ganja Terluas di Dunia 155 Hektare di Aceh Pada bulan Desember 2011, BNN bekerjasama dengan aparat kepolisian berhasil mengungkap 155 hektare ladang ganja di Aceh. Penemuan ladang ganja ini merupakan pengungkapan terbesar di Indonesia, bahkan di dunia.

Keseluruhan temuan tersebut berasal lebih dari 10 titik yang tersebar di 5 wilayah hukum Polres di Aceh, yaitu Polres Aceh Besar, Aceh Tenggara, Bireun, Pidie, dan Gayo Luwes.

Berdasarkan data di pemberitaan internasional, pengungkapan terbesar ladang ganja pernah terjadi di sebelah selatan perbatasan Amerika Serikat, California, pada Juli 2011. Luas ladang yang ditemukan adalah 120 hektare dengan prediksi produksi 20 ton ganja siap edar.

Temuan tersebut diklaim sebagai temuan terbesar 4 kali lipat dari temuan sebelumnya pada tahun 1984 di kawasan utara negara bagian Chihuahua

Sumber : www.Detik.com

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
5 Ladang Ganja Terluas Di Indonesia - Jhon.Com 5 Ladang Ganja Terluas Di Indonesia - Jhon.Com