Selamat Datang di Blog ERIKJON HALOMOAN SITANGGANG

Wednesday, July 11, 2012

PROSES PEMBUATAN PUPUK CAIR DARI URINE SAPI





Foto dan Artikel Dari Blogdetik

Fermentasi merupakan aktivitas mikroorganisme baik aerob maupun anaerob yang mampu mengubah atau mentranspormasikan senyawa kimia ke subtrat organik (Rahman,1989). Selanjutnya Winarno (1990) mengemukan bahwa fermentasi dapat terjadi karena ada aktivitas mikroorganisme penyebab fermentasi pada subtrat organik yang sesuai, proses ini dapat menyebabkan perubahan sifat bahan tersebut.
Joo. Y.H (1990). Melaporkan bahwa teknologi fermentasi anaerob untuk skala petani telah banyak dikembangkan, dimana hasilnya pupuk kandang dikonversikan tidak hanya dalam bentuk pupuk organik cair yang bagus tetapi juga dalam bentuk biogas yang berenergi tinggi.
Prinsip dari fermentasi anaerob ini adalah bahan limbah organik dihancurkan oleh mikroba dalam kisaran temperatur dan kondisi tertentu yaitu fermentasi anaerob.
Studi tentang jenis bakteri yang respon untuk fermentasi anaerob telah dimulai sejak tahun 1892 sampai sekarang. Ada dua tipe bakteri yang terlibat yaitu bakteri fakultatif yang mengkonversi sellulola menjadi glukosa selama proses dekomposisi awal dan bakteri obligate yang respon dalam proses dekomposisi akhir dari bahan organik yang menghasilkan bahan yang sangat berguna dan alternatif energi pedesaaan.( Joo, 1990).


  1. Urine sapi (Bison benasus L) di tampung dan dimasukan ke dalam drum plastik
 

2.Lengkuas, kunyit, temu ireng, jahe, kencur, brotowali, ditumbuk sampai halus kemudian dimasukkan ke dalam drum plastik, maksud penambahan bahan-bahan ini untuk menghilangkan bau urine ternak dan memberikan rasa yang tidak disukai hama.






3. Setelah itu tetes tebu dimasukkan kedalam drum plastik, lalu dimasukkan starter Sacharomycescereviceae. Tetes tebu dan starter Sacharomyces cereviceae ini berguna untuk fermentasi dan nantinya setelah jadi pupuk cair bisa menambah jumlah mikroba  menguntungkan yang ada didalam tanah.



4. Fermentasi urine didiamkan selama 14 hari dan diaduk setiap setiap hari.



5.Drum plastik ditutup dengan kain serbet atau kertas.




6. Setelah 14 hari pupuk cair sudah jadi kemudian disaring dan dikemas.




No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PROSES PEMBUATAN PUPUK CAIR DARI URINE SAPI - Jhon.Com PROSES PEMBUATAN PUPUK CAIR DARI URINE SAPI - Jhon.Com