Selamat Datang di Blog ERIKJON HALOMOAN SITANGGANG

Wednesday, August 8, 2012

MEDIA PERKECAMBAHAN DAN CARA PERKECAMBAHAN BENIH KOPI

 
 
  1. Media penyemaian:
    1. Bila lahan telah dipakai untuk menanam kopi, ± 10 hari sebelum penyemaian, tanah disemprot dengan nematisida Vapam/ Nemacur G dengan dosis sesuai dengan petunjuk pada label.
    2. Bila lahan merupakan lahan yang baru dibuka. Tanah persemaian dicangkul sedalam 30 cm/lebih dan dibersihkan. Tanah diberi pupuk organik, yang berupa pupuk kompos, pupuk kandang/pupuk hijau.
    3. Membuat bedengan-bedengan dengan ukuran panjang 10 m atau minimal 5 m dan lebar 1,20 m. Jarak antar bedengan 50 cm, sedangkan bedengan dibuat membujur ke arah utara-selatan.
    4. Penanaman pohon pelindung dilakukan 1 tahun sebelum penyemaian dan tingginya antara 2,5-3 m atau ± 2 kali tinggi pohon kopi.

Cara perkecambahan kopi
  1. Biji dibenamkan secara berderet dalam satu baris pada lapisan pasir menghadap ke bawah dan bagian atas kelihatan rata dengan lapisan pasir. Jarak antara baris adalah 5 cm dan jarak antar biji adalah 2,5 cm.
  2. Setiap 1 m2 memuat 2.000-3.000 biji. Biji yang ditaburkan bisa dengan kulit tanduk atau tanpa kulit tanduk.
  3. Selesai pembenaman, biji-biji tersebut diberi pasir lagi, tipis-tipis. Di atas bedengan yang tertutup pasir ditutup dengan ilalang atau jerami yang dipotong-potong antara 0,5-1 cm dan disiram 2-3 kali sehari untuk menjaga kelembaban.
  4. Perkecambahan di daerah panas berlangsung selama 3-4 minggu, sedangkan di daerah dingin berlangsung selama 6-8 minggu.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
MEDIA PERKECAMBAHAN DAN CARA PERKECAMBAHAN BENIH KOPI - Jhon.Com MEDIA PERKECAMBAHAN DAN CARA PERKECAMBAHAN BENIH KOPI - Jhon.Com